Mengenal Teknologi Informasi dan Komunikasi

Mengenal teknologi informasi dan komunikasi (TIK) merujuk kesemua teknologi yang dipakai untuk menghandle telekomunikasi, media penayangan, mekanisme management pintar, mekanisme pemrosesan dan transmisi audiovisual, dan peranan kontrol dan pengawasan berbasiskan jaringan. Walau TIK kerap dipandang seperti persamaan kata yang diperlebar untuk teknologi informasi (TI), tetapi lingkup dari TIK lebih luas.

Teknologi informasi (TI) ialah pemakaian computer untuk simpan, ambil, mengirim, dan merekayasa data, atau informasi, yang biasanya dalam kerangka usaha atau perusahaan lain. Mekanisme TI biasanya sebagai mekanisme informasi, mekanisme komunikasi atau, semakin khusus kembali, mekanisme computer, yang terhitung semua piranti keras, piranti lunak, dan perlengkapan peripheral, yang dioperasionalkan oleh satu kelompok pemakai terbatas.

Istilah ini biasanya dipakai sebagai persamaan kata untuk computer dan jaringan computer, tapi juga meliputi teknologi distribusi informasi yang lain seperti tv dan telephone. TI dipandang seperti sisi dari teknologi informasi dan komunikasi (TIK) Mengenal teknologi informasi dan komunikasi.

TIK meliputi, baik lingkungan yang memberikan dukungan internet atau mobile, yang disokong oleh jaringan nirkabel. Ini meliputi teknologi lama, seperti telephone rumah, tayangan radio dan tv -yang semua ada banyak dipakai sekarang ini. Daftar elemen TIK benar-benar komplet, dan semakin bertambah. Beberapa elemen, seperti computer dan telephone, sudah ada sepanjang beberapa dasawarsa. Selanjutnya ada handphone, TV digital, dan robot, sebagai sisi dari TIK yang baru.

Sejarah Singkat Teknologi Informasi dan Komunikasi

 

Mengenal Teknologi Informasi dan Komunikasi
Mengenal Teknologi Informasi dan Komunikasi

Telegraf (1837) dan telephone (1876) memungkinkannya komunikasi jarak jauh lewat kabel nyaris secara instant. Komunikasi dengan telegraf nirkabel (1895), radio gelombang pendek (1926) dan radio gelombang micro frekwensi tinggi yang lebih handal (1946) menangani masalah fisik yang menyambungkan tiap titik dengan kawat atau kabel. Komunikasi microwave sediakan aliran komunikasi memiliki semakin besar untuk mentransmisikan signal tv dan atur pentas untuk peningkatan satelit dan komunikasi ruangan angkasa (1957).

Di tahun 1970-an, handset komunikasi mobile diperkembangkan, seperti dasar teknologi dasar untuk Internet dan World Wide Situs. Komunikasi mobile dan Internet sudah berkembang cepat semenjak dikenalkan pada 1980-an sampai ke titik di mana akses mobile ke Internet (misalkan, telephone pandai) ialah wujud komunikasi yang menguasai dan tercepat berkembang.

Dorongan khusus perkembangan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) di era ke-21 untuk meluaskan kekuatan dan kemampuan perlengkapan dan sarana yang dipakai untuk berbicara lewat jaringan telekomunikasi. Sepanjang tahun 1990-an dan 2000-an, istilah konvergensi teknologi jadi jargon untuk memvisualisasikan langkah TIK baru untuk menjadikan satu apa yang awalnya masih berbentuk media komunikasi yang terpisah, seperti telephone suara, radio, TV, media massa, dan data computer, jadi satu media, yakni Internet, dan disiapkan lewat jaringan telekomunikasi broadband memiliki tinggi.

Komponen Teknologi Informasi dan Komunikasi

Komputasi awan – Istilah ini biasanya dipakai untuk memvisualisasikan pusat data yang ada untuk banyak pemakai lewat Internet. Awan besar, yang menguasai sekarang ini, kerap kali mempunyai peranan yang dialokasikan di sejumlah lokasi dari server pusat. Bila jaringan ke pemakai relatif dekat, bisa saja mereka dipilih sebagai server pinggir. Cloud kemungkinan terbatas pada satu organisasi (cloud perusahaan), ada untuk banyak organisasi (cloud khalayak) atau gabungan ke-2 nya (cloud hybrid).

Piranti lunak – Seperangkatan perintah, data atau program yang dipakai untuk menjalankan computer dan jalankan beberapa tugas tertentu. Bersimpangan dengan piranti keras, yang memvisualisasikan faktor fisik computer, piranti lunak ialah istilah umum yang dipakai untuk mengarah pada program, skrip, dan program yang jalan pada piranti. Piranti lunak bisa dipandang seperti sisi faktor dari computer dan piranti keras yang tidak beralih-alih. Piranti lunak kerap dipisah jadi piranti lunak program, atau program yang didownload pemakai buat penuhi kemauan atau keperluan, dan piranti lunak mekanisme, yang meliputi mekanisme operasi dan program apa saja yang memberikan dukungan piranti lunak program.

Piranti keras – Dalam kerangka teknologi, hardware merujuk pada komponen fisik yang membuat computer atau mekanisme electronic dan segala hal yang turut serta yang berbentuk secara fisik. Piranti keras dapat berbentuk monitor, hard drive, memory dan CPU. Piranti keras bekerja bersama dengan firmware dan piranti lunak untuk jalankan peranan computer. Piranti keras hanya salah satunya sisi dari mekanisme computer, karena masih tetap ada firmware, yang tertancap ke piranti keras dan langsung mengaturnya.

Transaksi bisnis digital bisa diartikan secara luas sebagai transaksi bisnis online atau automatis yang terjadi di antara orang dan organisasi. Transaksi bisnis digital mengirit waktu dan uang, plus hasilkan keuntungan yang lebih bagus. Pengalaman konsumen setia dipertingkat. Dan transaksi bisnis digital dapat tingkatkan kekuatan pencarian, hingga menolong kurangi kekeliruan.

Data digital ialah data yang sebagai wakil wujud data lain dengan memakai mekanisme bahasa mesin tertentu yang bisa diinterpretasikan oleh beragam teknologi. Yang paling fundamental dari mekanisme ini ialah mekanisme biner, yang cuman simpan informasi audio, video, atau text yang kompleks dalam rangkaian watak biner, yang umumnya berupa satu dan 0, atau nilai «on» dan «off».

Koneksi internet ialah proses menyambungkan ke internet memakai computer individu, netbook atau piranti mobile oleh pemakai atau perusahaan. Koneksi internet tergantung pada kecepatan signal data dan pemakai bisa tersambung pada kecepatan internet yang lain. Koneksi internet memungkinkannya pribadi atau organisasi untuk manfaatkan service internet/service berbasiskan situs. Internet mulai memperoleh reputasi dengan koneksi internet dial-up. Dalam saat yang relatif cepat, teknologi koneksi internet berbeda, memberi opsi yang bisa lebih cepat dan dapat lebih dihandalkan. Sekarang ini, teknologi broadband seperti internet kabel dan ADSL ialah sistem yang terbanyak dipakai untuk koneksi internet. Kecepatan, ongkos, keunggulan, dan tersedianya koneksi internet bergantung pada daerah, penyuplai service internet, dan tipe jaringan.